Belajar Pemrograman Hanya Berbekal Smartphone

Belajar pemrograman atau proses membawa sebuah algoritma dan mengkodekannya kedalam sebuah notasi dalam hal ini Bahasa Pemrograman sehingga dapat dieksekusi oleh komputer, dapat kita lakukan dengan hanya berbekal Hape(baca: smartphone), bahkan ketika dalam kondisi tidak memiliki koneksi internet. Hal ini sangat penting terutama bagi para siswa sekolah yang satu dua lain hal masih banyak yang terkendala fasilitas ketika akan menambah jam terbang praktek diluar jam sekolah. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah menjalankan Langkah Praktikum Modul atau Manual pembelajaran yang kita copy kedalam Hape dalam format PDF lalu menuliskan kode menggunakan aplikasi editor teks freeware dan memanggilnya menggunakan browser.

Berdasar dokumen KI&KD Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak yang diterbitkan Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Dikdasmen Kemdikbud tahun 2017, materi yang harus dikuasai siswa SMK Jurusan SMK Rekayasa Perangkat Lunak salah satunya adalah Tipe Data, Variabel, Konstanta, Operator dan Ekspresi kemudian Operasi Aritmatika dan Logika, Struktur Kontrol Percabangan dan Perulangan, Array, Fungsi, GUI dan Debugging. Beberapa Kompetensi Dasar(KD) ini seluruhnya dicover oleh Javascript, selain Bahasa Pemrograman bikinan Brendan Eich ini juga memungkinkan dijalankan dengan kriteria penuh keterbatasan di atas.

Beberapa langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Copy file Modul/Manual dalam format *.pdf, hal ini dapat dilakukan dengan kabel data yang dihubungkan dengan komputer guru yang sudah memiliki file.
  2. Pastikan Browser dalam Hape dalam posisi selalu uptodate
  3. Download dan Install Aplikasi Text Editor dengna fitur pemilihan tipe file penyimpanan
  4. Baca dan ikuti langkah praktikum yang ada di modul dengan cara mengetikkannya pada text editor
  5. Simpan dan panggil file ketikan dengan menggunakan File Manager lalu open with(baca; buka dengan) menggunakan Browser

Cara di atas dapat dilakukan hanya dengan koneksi ineternet terbatas sebab semuanya aplikasi dan file semi online, dimana proses download dan penggunaan aplikasi dilakukan secara terpisah. Sebagai contoh yang telah dilakukan penulis adalah menggunakan anWriter free HTML editor dimana hasil pemanggilan kode program langsung bisa diintip lewat fitur Preview. Aplikasi ini berukuran sangat kecil yaitu kurang dari 2Mb, namun memang semua aplikasi android hanya bisa diinstall secara online melalui Play Store. Aplikasi ini mendukung bahasa pemrograman HTML, CSS, XML, PHP, SQL, C, Java dan Phyton yang merupakan bahasa pemrograman populer saat ini. Meskipun pasar kerja programmer untuk saat ini sudah didominasi oleh mobile programming, belajar bahkan hanya salah satu bahasa pemrograman di atas sudah cukup untuk dapat menyiapkan cara berfikir dan cara pandang kita terhadap bahasa pemrograman yang memiliki prinsip yang sama dalam penggunaan paling perbedaannya hanya pada tahap deployment aplikasi yang dihasilkannya.

Salah satu saran yang dapat diikuti oleh pembaca/siswa yang akan menggunakan tips ini adalah set kecerahan monitor Hape pada tingkat rendah supaya penghematan pun akan didapatkan dari sisi konsumsi daya dengan harapan pembelajaran ini dapat dilakukan disela-sela bahkan sembari berkegiatan fisik lainnya dikarenakan hanya dengan menjinjing smartphone kita. Semoga tulisan ini dapat menambah semangat pembaca terutama siswa dan calon siswa dalam belajar pemrograman yang ternyata sangat luas, baik dan menyenangkan.